Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Konsep Pembelajaran, Prinsip, dan Dimensi Kunci Pembelajaran

Konsep Pembelajaran, Prinsip, dan Dimensi Kunci Pembelajaran - Artikel ini membahas tentang definisi organisasi pembelajaran, dampak organisasi pembelajaran, organisasi pembelajaran sebagai jaringan pembelajaran dinamis, siklus pembelajaran, langkah-langkah membangun organisasi pembelajaran, teori-teori motivasi. Melalui artikel ini diharapkan mampu memahami definisi organisasi pembelajaran, dampak organisasi pembelajaran, organisasi pembelajaran sebagai jaringan pembelajaran dinamis, siklus pembelajaran, langkah-langkah membangun organisasi pembelajaran, teori-teori motivasi.

Konsep Pembelajaran
  • Motivasi
  • Pengukuhan kembali
  • Pengetahuan tentang hasil
  • Praktik aktif/pembelajaran melalui penghayatan (experiential learning)
  • Pemindahan dari pelatihan (=situasi nyata=situasi pelatihan)

Konsep Pembelajaran, Prinsip, dan Dimensi Kunci Pembelajaran_
image source: www.pinterest.com
baca juga: Teori-Teori Motivasi Dalam Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Prinsip Pembelajaran
  • Aturan-aturan untuk kegiatan pembentukan asosiasi 
  • Hal-hal yang membantu pembelajaran selektif
  • Hal-hal yang membantu diperolehnya keterampilan
  • Pembelajaran yang lebih baik melalui pengalaman
  • Mengubah sikap

Prinsip-Prinsip Pembelajaran (Menurut Saks & Haccoun, 2008)
  • Setiap individu dipertimbangkan sebagai pembelajar
  • Setiap individu pembelajar tidak hanya mempelajari hal-hal yang terkait dengan program pelatihan formal
  • Pembelajaran merupakan bagian dari proses perubahan. Pembelajaran dan perubahan berkorelasi secara kuat
  • Pembelajaran berkelanjutan dipahami sebagai ‘hallmark’ dari organisasi pembelajaran (pembelajaran formal dan informal)
  • Pembelajaran merupakan investasi bagi masa depan individu dan organisasi (human capital)

Dimensi Kunci Organisasi Pembelajaran (Parker & Cooney, 2005)
  • Visi
  • Budaya
  • Sistem dan Dinamika Pembelajaran
  • Infrastruktur dan Manajemen Pengetahuan

Siklus Pembelajaran
  1. Mendapatkan Pengalaman 
  2. Mengevaluasi Pengalaman 
  3. Membuat kesimpulan dari pengalaman 
  4. Merencanakan langkah berikutnya 

Merencanakan pengembangan pribadi dan organisasi sama dengan mengikutio siklus pembelajaran yang diadopsi dari Styles (Horney & Mumford, 1992). Setelah mendapatkan pengalaman, baik yang berasal dari penilaian diri maupun orang lain, selanjutnya perlu melengkapi siklus pembelajaran dengan membuat rencana tindakan untuk mengembangkan bidang-bidang yang telah diidentifikasi.

Model Sistem Multilevel Organisasi Belajar
  1. Tingkat Organisasi Pembelajaran
  2. Tingkat Kelompok Belajar
  3. Pembelajaran Tingkat Individu

Hasil Belajar dapat diklasifikasikan berdasarkan 5 (lima) kategori umum (Gagne, dalam Saks & Haccoun, 2008), yaitu :

1. Informasi verbal: merujuk pada fakta, pengetahuan, prinsip-prinsip, dan infomasi atau apa yang dikenal sebagai pengetahuan deklaratif.

2. Keterampilan intelektual: meliputi pembelajaran konsep, peraturan, prosedur, dan kadang-kadang disebutkan sebagai pengetahuan prosedural.

3. Strategi Kognitif: mencakup aplikasi informasi dan teknik serta memahami bagaimana dan kapan menggunakan informasi.

4. Keterampilan motoric, termasuk koordinasi dan eksekusi gerakan fisik.

5. Sikap mengacu pada preferensi dan pernyataan internal yang diasosiasikan keyakinan dan perasaan seseorang, Sikap dipelajari dan dapat diubah.

Langkah-Langkah Membangun Organisasi Pembelajaran
  1. Dukungan dari manajemen puncak 
  2. Pelatihan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi 
  3. Penyediaan dan pengembangan sistem informasi dan manajemen 
  4. Memberikan penghargaan pada karyawan 
  5. Peningkatan ilmu pengetahuan 

Menurut Pedler (dalam Dale, 2003), organisasi pembelajaran adalah organisasi yang :
  1. Membangun suasana pembelajaran bagi para anggotanya 
  2. Individu terdorong untuk belajar dan mengembangkan potensi sepenuhnya 
  3. Memperluas budaya belajar sampai pada pelanggan, pemasok, dan stakeholder lain yang signifikan 
  4. Menjadikan strategi pengembangan SDM sebagai pusat kebijakan bisnis. 
  5. Berada dalam proses transformasi organisasi secara terus-menerus 

Faktor-Faktor Organisasi Pembelajaran

1. Faktor-faktor Organisasi Pembelajaran

a. Budaya Belajar :
  • Orientasi pada masa depan 
  • Komitmen belajar 
  • Menilai orang dalam hal gagasan, kreativitas, dan kemampuan berimajinasi 
  • Iklim keterbukaan dan kepercayaan 
  • Belajar dari pengalaman 

b. Proses Manajemen Kunci :
  • Perencanaan strategis 
  • Analisis pesaing 
  • Manajemen dan pemanfaatan informasi 
  • Perencanaan kapabilitas 
  • Tim dan organisasi pengembangan 
  • Ukuran kinerja 
  • Sistem imbalan dan penghargaan 

Ciri-Ciri Organisasi Belajar
  • Adaptif terhadap lingkungan eksternal 
  • Upaya peningkatan kemampuan organisasi terhadap perubahan-perubahan 
  • Menghargai perbedaan pendapat 
  • Mengembangkan proses berpikir kreatif 
  • Mengembangkan kolektivitas 
  • Menggunakan hasil belajar untuk mencapai hasil yang lebih baik 
  • Organisasi berbasis pengetahuan 


Daftar Pustaka
  • Davis, E. (2008). Ensiklopedi ‘The Art of Training and Development’ (9 Buku) (2008), Jakarta: Gramedia 
  • Munandar, A.S. (2001). Psikologi industri dan organisasi, Depok: UI Press 
  • Saks,M.A. & Haccoun, R.R. (2008), Managing performance through training and development, Fourth Edition, USA: Nelson Education Ltd.

Posting Komentar untuk "Konsep Pembelajaran, Prinsip, dan Dimensi Kunci Pembelajaran"